Jumat, 26 November 2010

Tips Agar Baterai Tahan Lama


Ponsel yang kini adalah benda penting bagi siapapun, maka performansinya pun harus sangat diperhatikan sebagaimana fungsinya yang begitu diperlukan.
Salah satu bagian performansi ponsel yang sangat perlu diperhatikan adalah baterai. Tak ada yang menyangkal bahwa baterai adalah salah satu komponen yang sangat penting. Oleh karenanya harus kita jaga semaksimal mungkin. Mau tau tips agar baterai Anda lebih bisa bertahan lama? Berikut tips untuk menjaga baterai ponsel kesayangan Anda yang semoga bermanfaat.
  • Matikan ponsel ketika diisi [di-charge]
  • Matikan ponsel jika sinyal di lingkungan jelek. Hal ini dikarenakan energi baterai akan habis digunakan untuk mencari sinyal. Sedangkan energi untuk pencarian sinyal ini cukup besar. Jika Anda akan tinggal di lingkungan tersebut dalam jangka waktu lama atau malah Anda berdomisili disana, maka ada baiknya Anda mempergunakan alat tambahan berupa sinyal booster untuk memperkuat sinyal.
  • Matikan Vibrate/Getar karena vibrate ini juga menguras energi baterai cukup besar. Pergunakan vibrate pada saat yang memang diperlukan mengaktifkan fitur vibrate, jika tidak maka lebih baik dimatikan.
  • Kurangi kontras dan brightness karena keduanya juga menguras energi baterai. Semakin kecil, energi yang dibutuhkan dan dipakai pun semakin berkurang.
  • Matikan fitur yang tidak diperlukan seperti bluetooth. Gunakan fitur yang memang benar-benar Anda butuhkan.
  • Matikan backlight. Pada siang hari, backlight ini sebenarnya tidak terlalu terasa manfaatnya karena terang. Memang Anda harus mau berepot-repot ria, namun hal ini cukup bermanfaat. Jika Anda tidak mau repot, tak usah dituruti. Opsional saja.
  • Cara Mujarab! Cara yang sangat mujarab [tapi tidak terlalu direkomendasikan] adalah Anda membeli ponsel yang memiliki baterai lifetime yang lama. Coba perhatikan kapasitas baterai pada spesifikasi baterai ponsel. Semakin besar mAH semakin besar kapasitas baterai dan dengan demikian semakin lama pula lifetime baterainya. Namun demikian, hal ini tidak bersifat mutlak karena tetap tergantung pada fitur ponsel dan manajemen energi baterai.
Demikian, semoga bermanfaat.