Jumat, 26 November 2010

Ciri Baterai Ponsel Rusak


Di bahasan sebelumnya, kita sudah berusaha sekuat tenaga menjaga agar baterai kita bisa tahan lama. Namun, karena usia ponsel Anda yang sudah tak lagi muda atau karena kelalaian perawatan karena satu dan lain hal, baterai Anda mulai memperlihatkan tanda-tanda kerusakan. Berikut tanda-tanda kerusakan baterai,
  • Daya tahan baterai ponsel berkurang
  • Baterai menjadi panas ketika diisi [di-charge]maupun ketika dipergunakan
  • Baterai lama di charge, tapi cepat habis (dikenal dengan istilah ngedrop)
Jangan menyerah. Tetaplah jaga lebih baik lagi agar baterai yang sudah rusak tidak semakin rusak. Ingat untuk tidak melakukan hal-hal yang diperingatkan oleh vendor dalam buku panduan mereka bahwa baterai jangan dibakar karena pada suhu batasan suhu tinggi tertentu dapat menyebabkan baterai meledak.
Ingat bahwa vendor mengingatkan kita untuk mempergunakan charger original, setidaknya bukan yang aspal. Di satu sisi mungkin kita berpikir hal itu menguntungkan produsen, tapi di sisi lain jika kita mau melihat hal itu wajar saja karena produsen lebih tahu produk mereka dari siapapun. Satu lagi, jangan membuang baterai yang sudah tak terpakai secara sembarangan. Hal ini karena baterai dapat menyebabkan pencemaran terutama tanah akibat logam beracun yang terkandung di dalamnya.
Demikian, semoga bermanfaat.