Selasa, 07 Juni 2011

Cisco Linksys E4200 Set the Trend for Home Network New 2011

Perangkat home entertainment yang kita gunakan sehari-hari mulai dilengkapi dengan koneksi nirkabel. Fitur tersebut memungkinkan televisi, konsol game, hingga Blu-ray player generasi terbaru bisa saling terhubung. Namun, diperlukan sebuah router nirkabel handal yang mampu menjembatani lalu lintas data ratusan MB per detiknya, apalagi kalau data yang didistribusikan tersebut adalah konten streaming, HD, dan Internet gaming yang ukurannya relatif lebih besar dari konten multimedia biasa.


Kamis (5/5), Cisco  meluncurkan Linksys Wireless-N E4200, router nirkabel yang dirancang khusus untuk konsumen yang ingin menikmati kualitas jaringan terbaik di rumah mereka. Sebagai produk flagship, Linksys E4200 mampu memaksimalkan performa home entertainment, tanpa melupakan dukungan terhadap perangkat bergerak seperti tablet dan smartphone.
Linksys E4200 beroperasi pada frekuensi dual-band 2.7GHz dan 5.0Ghz sekaligus, sehingga kecepatan maksimal yang mampu dicapai router yang memiliki empat port Gigabit Ethernet (10/100/100Mbps) ini adalah 750Mbps (2.7GHz @300Mbps dan 5.0GHz @450Mbps), tercepat di dunia saat ini. Frekuensi 5.0Ghz memiliki fitur 3 spatial stream. Fitur yang pertama kali digunakan pada perangkat consumer ini berfungsi untuk menghasilkan performa ideal dalam melakukan streaming video HD, musik, dan gaming.


Selain dilengkapi dengan amplifier internal dan eksternal,  masing-masing frekuensi band memiliki tiga antena untuk mencapai kecepatan maksimum pada jarak terjauh di rumah, plus Quality of Service (QoS) engine yang mampu menentukan prioritas bandwith secara otomatis.

Apabila pengguna membutuhkan storage tambahan untuk menyimpan file-file media atau konten dari Internet TV, Linksys E4200 mendukung UPnP media server. Selain itu, terdapat juga port USB untuk mengambil konten dari flash-disk atau hard-drive eksternal.
Meski proses instalasinya mudah, Cisco tidak melupakan fitur keamanan seperti WPA dan WPA2, Sateful Packet Inspection (SPI) Firewall, dan IPv6. Dalam software yang disertakan, pengguna dapat memberikan akses Internet ber-password untuk tamu di jaringan yang terpisah. Sehingga selain keluarga inti, tamu yang menggunakan akun tersebut tidak bisa mengakses konten-konten tertentu di jaringan. Orangtua juga dapat melindungi anak-anak mereka dari konten berbahaya menggunakan parental control.

Linksys Wireless-N E4200 Router yang meraih penghargaan dari red dot design award 2011 untuk kategori Home Networking ini dapat dibeli dengan harga Rp 1,6 juta